TENTARA NASIONAL INDONESIA - KOMANDO DAERAH MILITER XIII/MERDEKA

Raih Hari Kemenangan, Kodam XIII/Merdeka Selenggarakan Sholat Idul Fitri 1445 H

By , Comment
Share on Facebook Tweet on Twitter


Di hari Kemenangan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya bersama Prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam XIII/Merdeka beserta masyarakat sekitar melaksanakan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, bertempat di Lapangan Makodam XIII/Merdeka, Jl. 14 Februari, Teling Atas, Kota Manado, Sulawesi Utara. Rabu (10/4/2024).  


Idul Fitri tahun ini Mengusung tema ”Menangkap Makna Bulan Ramadan, Raih kemenangan Dengan Ketaatan”. 


Bertindak selaku Imam sholat H Husnan Yoyatan, S.Ag., M.Hi., yang saat ini tercatat menjabat sebagai Ketua MUI Kecamatan Mapanget, Manado. Sedangkan untuk Khotbah Idul Fitri sendiri disampaikan oleh Dr H Abdul Rasyid Gandon, M. Ag., yang menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulut.  


Selama satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadan, seluruh umat Islam di penjuru dunia saat ini merayakan hari kemenangan, hari yang fitrah. Tentunya umat Islam yang melaksanakan puasa secara penuh, besar harapan mendapatkan amal yang melimpah serta kesucian hati dan jiwa setelah keluar di bulan Ramadan ini.  


Dalam Khotbahnya Dr H Abdul Rasyid Gandon, M. Ag., menyampaikan bahwa memaknai Idul Fitri sebagai hari nan suci, ibarat lembaran baru kertas putih. Maka kita jadikan sebagai titik balik atas rekam jejak di kehidupan kita, sebagai momentum untuk dapat melakukan muhasabah diri.


“Menjaga esensi idul fitri hari ini adalah upaya untuk mengembalikan kefitrahan kita yang diilustrasikan sebagai lembaran kertas putih, maka sekiranya selama ini banyak berbuat dosa saat inilah kita bertaubat,” imbuhnya.


Ia juga menyampaikan bahwa kesucian ini harus terus dijaga, dengan menumbuhkan kesadaran dan komitmen untuk dapat mewujudkan pribadi muttaqin dengan mengoreksi diri masing-masing secara pribadi. 


Ketua IPIM Sulut ini menutup khotbahnya dengan memimpin do’a keselamatan dan kemaslahatan umat Islam secara khusus dan kedamaian dunia secara umum. 


Autentikasi: 

Kolonel Kav Mujahidin, S.Sos.

ADMIN

author
KodamRealase at

Nothing

0 comments

Comment Now